A. Aplikasi Menyimpan Data Sesuai Representasi
Menyimpan dokumen dilakukan sebagai suatu keharusan ketika telah menyelesaikan penulisan dokumen tersebut dan bertujuan meneruskannya di waktu yang berbeda. Secara default penyimpanan data menggunakan aplikasi Office dilakukan dengan klik menu File→ Save. Di samping itu, program Office menyimpan file dalam folder kerja default. Guna menyimpan salinan ke lokasi berbeda, klik folder lain dalam daftar folder. Pada hal ini, lokasi dapat menyimpan file ke folder di-hard drive, lokasi Jaringan, cloud, DVD, desktop, flash drive, atau sebagai format file lainnya seperti RTF, CSV, atau PDF. Selain harus mengidentifikasi lokasi target, jika lokasinya berbeda dari folder default, maka proses penyimpanan akan tetap sama terlepas dari lokasi yang dipilih. Jika ingin memerlukan publikasi khusus atau kebutuhan cetak tertentu, dapat menggunakan fitur Save As untuk menyimpan data dengan jenis berkas selain aplikasi utama, misalnya berkas PDF.
1. File Extention
File extension adalah suffix atau akhiran dari nama file yang biasanya dipisahkan dengan titik, yang menjelaskan jenis dan tipe file dari dokumen tersebut. Secara umum, ekstensi file mengandung 3 (tiga) karakter. Terdiri dari gabungan antara huruf dan angka yang secara textual mewakili jenis dari file tersebut. Ekstensi file terletak di akhir nama file dengan karakter titik sebagai pemisah keduanya. File extension digunakan oleh sistem sebagai pengenal tentang jenis file dan menentukan aplikasi untuk mengeditnya dengan tepat. Misalnya file dengan extensi.XLSX akan dibuka menggunakan aplikasi Excel. Jika mengubah jenis ekstensi file, tidak akan merubah type/ format file dari dokumen tersebut.
A .Implementasi file ekstensi dokumen word
File extention dokumen Word yang sering digunakan adalah DOC dan DOCX, Office Word bukan hanya digunakan untuk membuat dokumen berupa keperluan kantor maupun sekolah
1) Diawali dengan membuka Microsoft Word. Kemudian, carilah template dengan kata kunci "blog post Jika sudah ketemu, klik pada template Blog Post.
2) Setelah itu, klik tombol "Create" pada kolom Blog post.
3) Tunggu beberapa saat hingga muncul Register a Blog Account. Selanjutnya klik "Register Now untuk mendaftarkan blog yang akan digunakan. Selanjutnya memilih platform dan. blog yang akan digunakan, misalnya WordPress atau bisa juga memilih platform lain seperti Blogger. Jika sudah, klik Next
4) Pada langkah berikut, masukkan URL dari blog dengan menambahkan "/xmlrpc.php" seperti gambar berikut.
Selanjutnya memasukkan Username dan Password untuk masuk ke blog yang dituju.
5) Jika sudah dengan klik OK. Jika berhasil, maka akan muncul konfirmasi jika akun blog sudah diterima oleh Office Word dan klik OK saja untuk memulai menulis artikel. Hingga tahap ini, sudah berhasil menggunakan Word untuk menulis artikel blog. Selanjutnya tinggal menuliskan artikel yang dimaksud. Jika sudah selesai, maka langkah selanjutnya adalah klik Publish.
b. Implementasi file ekstensi tabel Excel
File ekstensi tabel Excel yang sering digunakan adalah XLS dan XLSX. Pada dasarnya data dalam spreadsheet Excel hanya berada dalam baris dan kolom. Guna membuat tabel di Excel tidak membutuhkan waktu lama. Dengan beberapa klik (atau satu pintasan keyboard). maka tabel dengan sejumlah data sudah tersaji dengan baik. Tabel memudahkan untuk
bekerja dengan data di Microsoft Excel, dan tidak ada alasan untuk tidak menggunakannya.
1) Menerapkan nama tabel
Salah satu fitur tabel adalah kemampuan menambahkan nama pada tabel. Nama tabel adalah suatu keharusan ketika membuat workbook Excel dengan kapasitas data yang besar. Hal ini sebagai langkah aman berkaitan dengan posisi referensi sel. Hal ini memudahkan untuk referensi data tabel dalam formula. Diawali dengan mengeklik di dalam tabel dan dilanjutkan dengan klik pada tab Design pada ribbon Excel. Pada sisi kiri menu akan ditemukan kotak Table Name dan ketik nama baru untuk tabel yang bersangkutan.
Hal mendasar yang perlu dipahami dalam penamaan tabel adalah minimal satu kata saja dan tidak ada spasi dalam nama tabel. Selanjutnya dengan tabel yang telah dipilih tersebut, klik pada tab Design dan memberi nama pada sisi kiri ribbon. Implementasi penggunaan nama tabel dapat dilakukan pada saat menulis formula mau pun menggunakan PivotTable.
2) Mengonversi data ke tabel pada Microsoft Excel
Diawali dengan mengeklik pada kumpulan data di spreadsheet dalam satu set data sebelum mengubahnya menjadi sebuah tabel. Pada hal ini, terdapat dua pilihan mengubah data flat menjadi sebuah tabel yaitu menggunakan pintasan keyboard (CTRL+T) untuk mengubah data ke dalam sebuah tabel atau menggunakan tab Home pada ribbon Excel →klik Format as Table →→ pilih style (theme) untuk mengubah data ke sebuah tabel. Dalam hal ini, user akan menerima menu pop-up dalam melakukan konfirmasi pengaturan tabel
3) Menggunakan autofilter tabel
Autofilter adalah sebuah menu di Excel yang berfungsi menyaring data atau menampilkan data berdasarkan kriteria tertentu. Filter data di Excel sangat bermanfaat jika bekerja dengan data yang besar agar mudah dianalisa dan ditampilkan sesuai dengan kebutuhan Menu Filter dapat diakses pada tab Data dan dikelompokan kedalam group Sort and Filter. tipe data (text, angka, tanggal, jam) pada Excel dapat dilakukan pemfilterary data, hanya saja kondisi untuk masing-masing tipe data akan berbeda. Pada menu filter terdapat 3 ikon yaitu sebagai berikut
Langkah-langkah untuk memfilter data sebagai berikut.
a) Pastikan data yang ingin digunakan memiliki judul kolom atau header.
b) Letakan kursor (pointer) pada area data
c) Masuk ke tab Data pilih menu Filter atau dapat menggunakan tombol kombinasi [CTRL] + [SHIFT] + [ L ]
d) Pastikan setiap judul kolom atau header terdapat dropdown filter.
4) Mengaplikasikan subtotals
Fungsi Subtotal pada Excel termasuk dalam kategori fungsi Math & Trig. Dengan menggunakan fungsi subtotal pada rumus Excel bisa memilih salah satu perhitungan evaluasi statistika dari 11 fungsi Excel lain, di antaranya AVERAGE, COUNT, COUNTA MAX, MIN, PRODUCT, STDEV, STDEVP, SUM, VAR, dan VARP. Pada saat melakukan filter sebuah daftar atau database pada Microsoft Excel, maka hanya nilai-nilai yang terlihat saja yang akan dihitung oleh fungsi Subtotal. Bentuk umum fungsi Subtotal adalah SUBTOTAL (KodeFungsi; Ref1; [Ref2]; ...). KodeFungsi berupa kode angka (1-11/ 101-111) untuk menentukan fungsi Excel mana yang akan digunakan oleh subtotal.
5) Data validation
Data validation adalah fitur atau cara untuk melakukan validasi data yang memastikan apakah data yang dimasukkan pada suatu sel/range, memenuhi kriteria yang telah ditentukan. Data validation secara umum berguna untuk mengurangi tingkat kesalahan input data dalam jumlah besar. Cara membuat validasi data dengan menggunakan data validation di Excel untuk membatasi isi sebuah sel dan atau range Excel, ikuti langkah- langkah berikut.
a) Pilih (seleksi) sel/range yang akan diatur data validation-nya.
b) Pilih Menu Data Validation pada tab Data→ Group Data Tools (atau bisa menggunakan Shortcut keyboard Alt + A+V+V).
c) Setelah muncul kotak opsi Data Validation, setting pengaturan validasi data atau pembatasan isi sel yang diinginkan. Pada Tab Setting terdapat pengaturan kriteria validasi data/batasan isi sel yang akan diterapkan sebagai berikut.
(1) Any value: tidak ada batasan isi sel. Semua value (data teks atau angka) bisa
dimasukkan ke dalam sel.
(2) Whole number: membatasi isi Cell hanya untuk angka numerik saja.
(3) Decimal: sama dengan Whole Number, hanya saja kita bisa mengatur nilai validasi digunakan sampai pada ketelitian angka desimal.
(4) List: isi sel hanya terbatas pada daftar atau list yang kita tentukan.
(5) Date: membatasi isi sel dengan kriteria tanggal.
(6) Time: membatasi isi sel dengan kriteria waktu.
(7) Text length: membatasi jumlah panjangnya karakter teks yang bisa dimasukkan ke dalam sel.
(8) Custom: menentukan sendiri kriteria data validation dengan memasukkan rumus Excel atau formula tertentu.
d) Setelah memilih kriteria validasi klik OK untuk menerapkan pengaturan.
C. Implementasi file ekstensi slide PowerPoint
File extention Slide Powerpoint yang sering digunakan adalah PPT dan PPTX. Langkah-langkah untuk mengaktifkan PowerPoint diawali dengan mengeklik Start → All Program→ Microsoft Office Microsoft Office PowerPoint 2016.
B. Pengolahan Data dengan Fitur Lanjut Aplikasi Office
Perkembangan teknologi yang makin pesat saat ini memengaruhi pola perkembangan tingkah laku masyarakat terutama dalam penggunaan teknologi. Pada hal ini teknologi informasi, karena teknologi informasi menyediakan proses yang cepat, tepat, dan menghasilkan tingkat keakuratan yang lebih. Penyediaan informasi yang cepat dan akurat, sangat membantu pihak manajemen untuk memimpin suatu perusahaan atau sekolah karena tidak cukup hanya dengan kemampuan dan pikiran saja untuk mencapai suatu tujuan organisasi.
1. Fungsi dan Operator pada Grafik
Salah satu bagian dari Microsoft Office adalah Excel yang dikenal sebagai spreadsheet. Program aplikasi pengolah angka ini memudahkan kita untuk melakukan perhitungan serta mengolah data berupa angka yang ada dalam tabel. Pada Office Excel banyak sekali fungsi-fungsi tertentu yang masing-masingnya memiliki kegunaan tersendiri. Excel merupakan program pengolah data, berupa angka atau grafik, yang memang sudah sangat populer di kalangan peneliti atau praktisi ilmiah.
a. Manfaat fungsi (Function) dan operator Excel sebagai perangkat lunak untuk mengolah data secara otomatis meliputi perhitungan
dasar penggunaan fungsi-fungsi, pembuatan grafik hingga manajemen data. Perangkat lunak jenis ini sangat membantu untuk menyelesaikan permasalahan administrasi, mulai yang paling sederhana sampai yang lebih kompleks. Permasalahan sederhana tersebut misalnya membuat rencana kebutuhan barang meliputi nama barang, jumlah barang dan perkiraan harga barang. Permasalahan ini sebenarnya dapat diselesaikan menggunakan Word (atau yang sejenisnya) karena hanya sedikit memerlukan proses perhitungan, tetapi lebih mudah diselesaikan dengan Excel (atau yang sejenisnya).
b. Pengumpulan dan pengolahan data dalam paket office
Salah satu bentuk pengumpulan dan pengolahan dala dalam paket Office yang paling mudah dijumpai dalam bentuk grafik. Grafik mampu menggambarkan data workbook secara grafis serta mempermudah dalam memvisualisasikan perbandingan dan tren. Excel memiliki beberapa jenis grafik yang berbeda, sehingga user dapat memilih salah satu yang paling sesuai dengan data.
b. Pengumpulan dan pengolahan data dalam paket office
Salah satu bentuk pengumpulan dan pengolahan dala dalam paket Office yang paling mudah dijumpai dalam bentuk grafik. Grafik mampu menggambarkan data workbook secara grafis serta mempermudah dalam memvisualisasikan perbandingan dan tren. Excel memiliki beberapa jenis grafik yang berbeda, sehingga user dapat memilih salah satu yang paling sesuai dengan data.
2. Algoritma
Secara umum ilmu komputasi adalah bidang ilmu yang memiliki perhatian pada penyusunan model matematika dan teknik penyelesaian numerik serta penggunaan komputer untuk menganalisis dan memecahkan masalah-masalah ilmu (sains). Komputasi merupakan cara untuk menemukan pemecahan masalah dari data input dengan menggunakan suatu algoritma. Hal inilah yang disebut dengan teori komputasi, suatu subbidang dari ilmu komputer dan matematika. Adapun definisi algoritma sebagai proses atau serangkaian aturan yang harus diikuti dalam perhitungan atau operasi pemecahan masalah lainnya, terutama oleh komputer. Dengan kata lain, semua susunan logis yang diurutkan berdasarkan sistematika tertentu dan digunakan untuk memecahkan suatu masalah dapat disebut dengan algoritma. Bentuk dasar algoritma adalah algoritma sekuensial (sequence algorithm), algoritma perulangan (looping algorithm), dan algoritma percabangan/ bersyarat (conditional algorithm).
0 komentar:
Posting Komentar